Sabtu, 08 September 2018

Sombong Yang Tidak Disadari


Assalamualaikum...

Hidup di dunia ini sebenarnya tidak lebih hanya sebagai persinggahan sebelum nantinya kita akan menuju kehidupan yang kekal dan abadi yaitu kehidupan akhirat. Jadi untuk apa kita bersikap sombong dan menyombongkan diri hanya untuk kepuasan hidup di dunia yang hanya sesaat.

Bukankah segala sesuatu yang yang kita miliki di dunia ini hanyalah sebatas titipan, karena kebahagian dan kesedihan yang kita rasakan selama ini pada hakekatnya sebenarnya adalah sama yaitu sama-sama sebagai ujian kita hidup di dunia yang fana ini.
 
Sombong atau juga sifat menyombongkan diri ini merupakan salah satu bagian penyakit hati yang terkadang sering tidak kita sadari. Yaitu suatu sikap yang menurut aku terlalu membanggakan diri serta terlalu tinggi menilai diri sendiri sehingga menganggap seseorang lebih rendah dari kita. Sikap sombong ini pada dasarnya ada 2 yaitu

1.     Sombong karena sifat bawaan memang sengaja dilakukan
2.     Sombong karena kita melakukannya dengan tanpa disadari atau tidak sengaja.

Rasa sombong dan sikap menyombongkan diri yang kedua ini memang adakalanya kita melakukannya tanpa disengaja dengan tidak menyadarinya dalam kehidupan kita sehari-hari dan kita sebenarnya memang tidak berniat untuk menyombongkan diri Seperti yang sering kita lakukan dengan cara menceritakan segala sesuatu tentang keadaan kita kepada seseorang atau teman kita misalnya, tanpa melihat kondisi dan keadaannya, sikap seperti ini yang terkadang akan membuat orang lain merasa sedih atau bahkan juga membuat seseorang merasa risih atau bahkan dapat melukai hati hingga mengakibatkan seseorang merasa tersisih.

Untuk menghindari sikap sombong ini, alangkah lebih baiknya kalau kita dapat saling menjaga perasaan dengan tidak sembarangan bicara seperti pesan yang disampaikan oleh sayidina ali antara lain
1.     Jangan bicara hartamu dihadapan orang miskin
2.     Jangan bicara kesehatanmu dihadapan orang sakit
3.     Jangan bicara kekuatanmu dihadapan orang lemah
4.     Jangan bicara kebahagiaanmu dihadapan orang yang sedang sedih
5.     Jangan bicara kebebasanmu dihadapan orang yang terpenjara
6.     Jangan bicara tentang anakmu dihadapan orang yang tidak mempunyai anak
7.     Jangan bicara orang tuamu di hadapan anak yatim

Semoga kita dapat menghindari sikap sombong atau menyombongkan diri dengan selalu menjaga lisan kita dalam kehidupam sehari-hari karena selain dapat menyakiti hati seseorang, dalam AlQuran juga Allah SWT melarangnya seperti dalam surat Al-isra ayat 37 yang artinya : “Dan janganlah engkau berjalan di muka bumi dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung”. (QS.Al-isra : 37).

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar