Senin, 10 September 2018

BAD MOOD


Entah kenapa dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita merasakan suasana hati yang tidak enak, sedih, marah, mudah tersinggung, merasa tertekan, galau, tanpa kita tau apa yang menjadi penyebabnya. Kondisi seperti ini yang biasa kita sebut dengan istilah Bad Mood.

Bad Mood ini asal katanya dari bahasa inggris yang menurut google translate Bad artinya buruk, jelek sedangkan Mood artinya suasana hati atau keadaan jiwa. Jadi Bad Mood kalau kita terjemahkan artinya keadaan atau suasana hati yang buruk atau tidak baik. Kalau aku sendiri biasa menyebutnya dengan istilah tidak enak hati.

Image From Google

Semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami Bad mood atau suasana hati yang buruk, seperti yang sering aku alami pada saat menjelang menstruasi misalnya atau terkadang juga aku mengalaminya pada saat bangun tidur, tiba-tiba saja perasaanku merasa tidak enak, dan aku rasa perasaan tersebut wajar-wajar saja karena suasana hati kita memang terkadang naik turun. Karena kita tidak mungkin selamanya optimis dan bahagia ada saatnya kita juga mengalami suasana hati yang buruk atau bad mood, tapi tidak berarti kita akan membiarkannya begitu saja hingga akan mempengaruhi dan bahkan mengganggu hidup kita.

Ketika kita mengalami bad mood di pagi hari setelah bangun tidur, aku sendiri selalu sesegera mungkin untuk berusaha memperbaikinya dengan beberapa tips berikut ini :

1.      Selalu Bersyukur
Sesaat setelah bangun tidur bacalah doa setelah bangun tidur sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT yang sudah memberikan kita kesempatan untuk hidup.

2.      Minum air putih
Dengan minum segelas air putih setelah bangun tidur akan meningkatkan metabolisme tubuh serta memulihkan pencernaan kita

3.      Shalat subuh dan berdoa
Menjalankan kewajiban shalat 5 waktu dan berdoa akan memperbaiki suasana hati menjadi lebih tenang karena Allah karena kita berada dalam penjagaan Allah SWT seperti sabda Rasulullah dalam Hadis Riwayat Muslim “Barang siapa yang shalat subuh, maka dia berada dalam jaminan Allah”.

4.      Menghirup udara pagi
Menghirup udara pagi akan membangkitkan semangat dengan cara membukan jendela untuk pertukaran udara

5.      Mengerjakan sesuatu yang baik
Meski suasana hati sedang buruk tapi kerjakan sesuatu yang baik seperti memasak, membereskan rumah atau pekerjaan rumah tangga lainnya. Meski sederhana namun akan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Dengan tips tersebut Insya Allah suasana hati kita akan merasa lebih baik dan dapat menjalani hari kerja dengan tenang.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6


2 komentar: