Rabu, 26 September 2018

Mengatasi Kaki Lelah


Aktivitas kerja sehari-hari di kantor terkadang mengharuskan aku untuk berjalan bolak-balik dari ruangan yang satu menuju ke ruangan yang lain atau bahkan mengharuskan aku untuk berdiri. Rutinitas seperti ini tentu saja lama kelamaan akan membuat kaki terasa letih dan lelah, belum lagi kalau kita mengenakan sepatu yang berhak tinggi atau memakai hi heels.

Di tambah lagi pada saat kita dalam perjalanan pulang terkadang kita harus berdiri saat naik kendaraan umum. Atau pada saat tertentu kita harus melakukan tugas kantor dengan melakukan perjalanan jauh ke kota lain yang mengharuskan kita berada dalam kendaraan seharian selama dalam perjalanan. Dalam hal ini tentu saja kita tidak bisa untuk menolaknya, karena semua itu merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab serta kewajiban kita sebagai pekerja yang harus dipenuhi.


Aktivitas seperti ini yang mengakibatkan kaki kita menjadi semakin terasa pegal, letih dan lelah bahkan terkadang kaki terlihat menjadi seperti bengkak. Rasanya seperti berat dan kesemutan, bila mengalami hal-hal seperti ini tenang saja, kita tidak perlu khawatir atau bahkan terlalu resah untuk memikirkannya karena untuk mengatasi semua keluhan yang terjadi aku akan berbagi beberapa tips praktis seperti yang selama ini  biasa aku lakukan sesaat setelah aku sampai di rumah setelah pulang kerja atau setelah melakukan sebuah perjalanan jauh. Beberapa tips praktis itu antara lain sebagai berikut :

1.  Merendam kaki dalam air hangat yang diberi dengan sedikit garam dapur, selama kurang lebih10 menit.
2.   Setelah itu tiriskan dan keringkan kaki
3.   Oleskan lotion khusus untuk kaki mulai dari lutut, betis hingga pada jari-jari kaki
4.   Pijat-pijat sedikit kaki yang masih terasa pegal dan letih
5.   Duduklah selama 10 menit dengan posisi punggung, leher dan kepala bersandar.
6.  Jika kaki masih terasa sangat lelah temple dengan plester penghangat di bawah lutut, mata kaki dan betis.
7.   Angkatlah kaki ke atas secara bergantian membentuk sudut 90 derajat.
8.   Mengistirahatkan kaki dengan duduk dan bersantai.

Demikian beberapa tips singkat untuk mengatasi kaki lelah, semoga bermanfaat

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6



Tidak ada komentar:

Posting Komentar