Jumat, 09 November 2018

Menulis Itu Penyembuh Jiwa

Assalamualaikum…
Apa kabar sahabat semua, semoga selalu sehat dan bahagia.     

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang Arti Menulis,  buat aku menulis adalah satu kata yang mempunyai makna luar biasa meski gampang-gampang susah untuk mengerjakannya. kali ini saya akan sedikit sharing untuk sekedar berbagi manfaat tentang menulis

menulis itu bukan hanya sebagai sarana untuk sekedar menuangkan segala keluh kesah saja. Namun di dalamnya mengandung manfaat yang luar biasa. Karena mempunyai unsur sebagai penyembuh jiwa. Saat perputaran kehidupan mengharuskan kita berada di titik paling bawah. Mengapa demikian? Karena pada saat kita berada di titik paling bawah dalam kehidupan, tak banyak yang dapat kita lakukan, selain pasrah dan terpaksa harus menerima segalanya karena keadaan.

Tak heran kalau kondisi seperti ini akan membuat kita merasa sedih, gelisah, khawatir, marah, cemas dan bahkan mungkin juga ada perasaan malu dan terhina. Berbagai macam perasaan negatif itu kalau dibiarkan akan mengakibatkan gangguan yang dapat merusak ketenangan jiwa. Yang pada akhirnya akan menjadi stress atau depresi dan berpengaruh besar terhadap kesehatan jiwa kita. 

Ketika kita mengalami kondisi jiwa yang demikian, menulis dapat menjadi sebuah alternative untuk mendapatkan ketenangan jiwa. Dengan menulis kita dapat menuangkan semua keluh kesah yang kita rasakan kedalam sebuah tulisan. Karena dengan menulis, ada kepuasan tersendiri yang dapat mengusir berbagai macam perasaan negative akibat dari kerumitan yang terjadi dalam hidup. Maka dengan sendirinya secara psikologis akan dapat menurunkan segala ketegangan di dalam jiwa kita.

Dengan menulis perasaan kita menjadi lega sehingga dapat meringankan beban penderitaan yang kita rasakan. Yaitu dengan cara mengalihkan perhatian dari kepenatan baik psikis maupun fisik ke dalam sebuah tulisan. Sehingga berbagai perasaan negatif yang mengganggu ketenangan jiwa kita sedikit demi sedikit akan lepas, hilang sirna dan berubah menjadi perasaan positif.

Dengan demikian kegiatan menulis yang kita lakukan ini sangat bermanfaat sekali sebagai penyembuh jiwa. Karena dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih mampu untuk mengontrol diri. Sehingga dapat melepaskan segala rasa tentang beratnya persoalan dalam hidup kita yang telah membuat hati dan perasaan kita merasa tertekan.

#NonFiksi
#ODOPBath6

13 komentar:

  1. Kabar baik mbak yeti. Alhamdulillah. Sepakat dengan pandangan mbak yeti. Selain itu bagi saya, menulis memaksa saya untuk belajar. Semangat menulis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat menulis mba Endah, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Menulis lah selagi itu baik dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mas Hafizh, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Balasan
    1. Alhamdulillah mba Lulu, terima kasih kunjungannya

      Hapus
  4. Makasih buat tulisannya yaa Mbak Yeti. Berarti kita sekarang ikut ODOP jg sebagai terapi ya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak Feli, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. Sama bu Yeti, bagi saya menulis itu sarana me time sekaligus healing therapy. Tapi klo dipaksa nulis tiap hari ternyata gak selalu fun jg apalagi klo jd kurang tidur 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba Evita kita menulisnya dari hati jangan dipaksa biar bahagia, terima kasih banyak kunjungannya mbak

      Hapus
  6. Terima kasih sudah berkunjung mas Arief

    BalasHapus