Selasa, 20 November 2018

KESEHATAN

Assalamualaikum 
Semoga kita semua senantiasa sehat dalam lindungan Allah SWT, Aamiin

Kali ini saya akan menulis sebuah opini tentang kesehatan. Kesehatan bagi kita merupakan harta yang tak ternilai harganya. Karena menurut saya segala sesuatu yang kita lakukan tak akan berarti apa-apa bilamana salah satu bagian dari tubuh kita ada yang dirasakan tidak biasa atau  mengalami ketidakwajaran yang kita sebut sebagai gejala adanya suatu penyakit tertentu di dalam tubuh kita.

Sebelum lebih jauh berbicara tentang kesehatan kali ini saya ingin bertanya, normalkah jika diantara kita yang sudah tergolong ke dalam usia dewasa ternyata masih suka mengompol? Menurut saya tentu saja tidak normal dan itu bisa disebut dengan mengidap penyakit mengompol yang dalam bahasa medis disebut Enuresis yaitu pengeluaran urin yang tidak disadari. Untuk lebih jelasnya yuk kita berkenalan lebih dekat dengan Enuresis. 

Enuresis ini bisa terjadi pada anak-anak, remaja dan bahkan pada orang dewasa. Gejalanya umum pada penderita penyakit ini adalah kehilangan kendali urinasi pada saat tidur. Penyakit ini menurut beberapa penelitian penyebabnya bisa dari keturunan. Karena seseorang yang mengidap Enuresis ternyata orang tuanya juga mengalami hal yang sama.

Namun menurut peneliti yang lain bisa juga disebabkan karena adanya penyakit tertentu seperti diabetes misalnya. Bisa juga karena ada infeksi kandung kemih atau mungkin atau akibat adanya faktor psikologis seperti kelelahan, terlalu cemas, ketakutan yang berlebihan, konstipasi, kelenjar prostat, sembelit, gangguan saraf kemih, adanya penurunan organ panggul dll.

Terapi yang dapat dilakukan untuk penderita  Enuresis  yaitu dengan beberapa cara antara lain

1. Menjaga perasaan jangan sampai terlalu cemas.

2. Usahakan pipis dulu sebelum tidur 

3. Minumlah minimal 2 jam sebelum tidur.

Apabila dengan terapi keadaan masih tidak ada perubahan sebaiknya kita segera berkonsultasi kepada dokter spesialis urologi agar segera dapat dilakukan tindakan secara medis.

Demikian tentang Enuresis  atau penyakit mengompol yang merupakan salah satu jenis gangguan yang berhubungan erat dengan penyakit saluran perkencingan.
Semoga bermanfaat.

#NonFiksi
#ODOPBatch6

4 komentar: