Kamis, 22 November 2018

Tips Merencanakan Liburan Hemat Bersama Keluarga

Image From Pixabay

Assalamualaikum sahabat,
Apa kabar…, semoga senantiasa sehat dalam lindungan Allah SWT, Aamiin

Tak terasa, begitu cepatnya waktu berlalu. Sebentar lagi kita sudah berada di penghujung tahun. Mari kita siapkan kalender dan bolpoin, kini saatnya kita untuk merencanakan liburan akhir tahun. Untuk sekedar refreshing dan menyegarkan kembali hati dan pikiran dari padatnya aktivitas pekerjaan yang selalu menyita waktu dan tenaga. Karena berlibur juga sama pentingnya dengan bekerja agar produktifitas tetap terjaga. Nah, sekarang bagaimana tipsnya merencanakan liburan hemat bersama keluarga tercinta.

1.      Menetapkan Kapan Waktu Yang Pas Buat Liburan
Pertama kita siapkan kalender dan bolpoin. Sekarang Kita mulai melihat mengamati  di kalender kapan ada tanggal merah terutama kalau ada harpitnas alias hari kejepit nasional. Kemudian kita tandai dengan melingkarinya. Dengan begitu kita akan mengetahui pada bulan apa ada hari libur dan kita dapat menggunakannya untuk berlibur.

2.      Mengatur Jadwal Cuti
Setelah kita menetapkan waktu liburan, sekarang saatnya kita untuk membuat jadwal cuti. Tetapi sebelumnya terlebih dulu kita lihat apakah pada jadwal yang sudah kita tetapkan itu ada banyak pekerjaan atau tidak. Kalaupun memang ada agar kita bisa mengusahakan untuk segera menyelesaikannya dengan baik sebelum waktu libur yang sudah ditetapkan tiba.
                                         
3.      Menyiapkan Budget
Setelah kita menetapkan waktu dan tempat tujuan berlibur, sekarang saatnya untuk menyiapkan budgetnya. Kita mulai mengumpulkan dana dengan menyisihkan dari bonus atau dari gaji bulanan yang kita terima agar budget mencukupi saat waktunya telah tiba.

4.      Membuat Persiapan
Pada saat waktu dan tempat berlibur sudah kita tentukan dan budget juga sudah mencukupi untuk biaya liburan kemudian kita mulai untuk mencari tiket penerbangan dan hotel yang sesuai dengan budget kita. Sebaiknya pesanlah jauh-jauh hari sebelum waktunya. Agar kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu masalah tempat dan fasilitasnya juga terjamin dan sesuai dengan yang kita inginkan. Setelah semua sesuai, kita tinggal mempersiapkan semua barang-barang kebutuhan untuk liburan, seperti travel bag, kamera dll.

5.      Waktunya Menikmati Liburan Bersama Keluarga
Sekarang saatnya kita pergi liburan bersama keluarga. Lupakan semua kesibukan tentang pekerjaan. Kini saatnya mengistirahatkan pikiran dari padatnya rutinitas kerja agar kembali segar.

Sebenarnya sesibuk apapun aktivitas kita, selalu ada waktu untuk menikmati liburan. Rahasianya hanya pada masalah bagaimana kita mengatur waktu yang tepat dan ada tidak niat kita untuk melakukannya.

Selamat berlibur, semoga tipsnya bermanfaat.

#NonFiksi
#ODOPBatch6

12 komentar:

  1. Yah ide ini juga keduluan lagi. Hiks...
    Gpp ya bu Yeti, klo sy nulis dg gaya dan ide yg berbeda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa, Mbak ๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘
      (bantu jawab hehe)

      Hapus
  2. Lah biasanya kalau liburan jalan macet mbak. Pusing.

    BalasHapus
  3. Liburan itu sering penuh dg rencana Dan akhirnya justru di rumah aja glundung" di kasur.. Hihi

    BalasHapus
  4. Liburan akhir tahun ini kudu persiapan dari sekarang ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  5. Thanks, Mbak. Sebelum liburan emang biasanya teratur, bgitu nyampek tujuan udah buyar ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  6. Wahh, siap-siap liburan akhir tahun nih. Thank mbaa infonya ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  7. Wah saya sedang merencanakan liburan nih

    BalasHapus
  8. Semangat siapkan liburan akhir tahun

    BalasHapus