Minggu, 25 November 2018

Etika Berteman

Image From Pixabay

Assalamualaikum,  
Apa kabar teman, semoga selalu sehat dan bahagia.

Setelah beberapa bulan kita belajar bersama di komunitas one day one post ODOPBatch_6, tak terasa kini kita sudah berada di penghujung November. Kali ini saya akan mencoba menulis tentang etika dalam berteman.

Sebagai makhluk sosial  tentu saja kita tidak mungkin dapat hidup sendiri.  Tanpa bantuan dan tanpa berhubungan dengan orang lain. Baik di sekitar tempat tinggal kita maupun di lingkungan kerja kita. Dalam membina sebuah hubungan, baik dengan sesama saudara, tetangga,  maupun dengan teman kita harus selalu saling menjaga dan menghargai hubungan.

Berbicara tentang teman, saya rasa kita semua sudah pasti membutuhkan seorang teman. Teman bisa membuat hati kita bahagia namun terkadang bisa juga membuat hati kita menjadi terluka. Sebuah hubungan pertemanan seharusnya dapat membuat hidup kita menjadi lebih bermakna bukan malah sebaliknya membuat hati kita luka dan menderita.

Dalam menjalin hubungan pertemanan, meskipun kita sudah lama berhubungan dan saling mengenal dekat satu sama lain namun kita tetap harus dapat menjaga etika pertemanan dengan baik. Karena ada sejumlah batasan yang perlu diperhatikan dalam sebuah hubungan pertemanan yang tetap harus diperhatikan. Salah satunya adalah saling menghargai satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh jangan pernah kita bercanda kelewatan dengan melontarkan kata-kata yang dapat menyinggung perasaannya. Apalagi kalau sampai melukai hatinya. Terlebih lagi bila teman kita memiliki pribadi yang sensitif. 

Sedekat apapun hubungan pertemanan kita tetap saja setiap orang mempunyai privacy yang harus dihormati dan tidak boleh diusik. Meskipun kita sudah saling mengenal dan berteman dekat dengan salah seorang teman kita semenjak masih kecil. Namun kita tidak boleh seenaknya masuk ke dalam urusan pribadinya. Karena dalam setiap perjalanan kehidupan tentunya kita memiliki cerita dan masalah yang berbeda.

Hubungan sebuah pertemanan sebaiknya harus dilandasi kepercayaan dengan saling menghargai dan menjaga perasaan, saling mengingatkan dalam kebaikan bukan malah menjadikan kekurangan teman sebagai bahan untuk sengaja menjatuhkan dan mempermalukan.

#NonFiksi
#ODOPBatch6

3 komentar:

  1. Iya mb penting banget mb ini, karena sekali kita salah ucap, bisa jadi berabe 😅😅

    BalasHapus
  2. Betul mba, kadang maksudnya becanda malah salah arti. Setuju jg klo hrs menghormati privasi tmn kita apalagi klo yg bersangkutan sdh menikah.

    BalasHapus
  3. Pertemanan yang sehat kalau aku bilang. Saling menghargai privacy masing masing. Tidak salih merendahkan dan saling memotivasi

    BalasHapus