Jumat, 05 Oktober 2018

Mengenal Tes Kesehatan (1)

Kesehatan merupakan salah satu Anugerah yang sudah Allah berikan dalam hidup kita. Kesehatan juga merupakan harta yang tak ternilai harganya. Namun seiring bertambahnya usia dan pola hidup yang tidak sehat kita perlu melakukan beberapa tes kesehatan secara rutin untuk  mencegah dan menghindari timbulnya berbagai jenis gangguan penyakit dengan cara mencegah dari berbagai gangguan penyakit. Karena dengan mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. Nah tes kesehatan apa saja yang sebaiknya dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Tekananan Darah
Dengan tes pemeriksaan tekanan darah ini berguna untuk mendeteksi secara ini apakah tekanan darah kita tinggi atau tidak. Semakin lama terdeteksi semakin berbahaya karena dapat menyebabkan stroke, kerusakan ginjal dan jantung.

2. Kolesterol
Tes pemeriksaan kolesterol ini meliputi  kolesterol LDL, HDL dan Trigliserida. Gunanya untuk mengukur kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Bila keadaan kita normal pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan sekurang kurangnya setiap lima tahun sekali, namun bila tidak harus sesering mungkin melakukan pemeriksaan

3. Densitas Tulang
Pemeriksaan ini dilakukan dengan sinar X atau rontgen untuk melihat kondisi tulang  dan mendeteksi adanya osteoporosis atau keropos tulang yang dapat menyebabkan patah tulang

4. Mata
Pemeriksaan mata berfungsi untuk mendeteksi serta menentukan apakah kita mengalami gangguan penglihatan atau tidak seperti katarak contohnya. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setahun sekali bila kita menggunakan kacamata atau lensa kontak.

5. Gigi
Pemeriksaan gigi berfungsi untuk mendeteksi adanya gangguan pada mulut seperti karang gigi atau bahkan adanya gangguan yang yang menunjukkan adanya kanker. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setahun sekali.

Untuk mengetahui jenis-jenis pemeriksaan lain akan saya lanjutkan pada tulisan berikutnya.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar