Selasa, 19 Maret 2019

RCO Level 5 Tantangan 2




Tantangan ke 2 di level 5 ini adalah membuat tulisan singkat kenapa saya memilih membaca buku Lelaki Tua dan Laut. Alasan saya memilih membaca buku itu sebenarnya karena buku Lelaki Tua dan Laut adalah buku yang sesuai dengan ketentuan yang diberikan PJ. Buku ini menurut saya pantas untuk saya baca karena buku karangan Ernest Hemingway yang berjudul Lelaki Tua dan Laut ini  merupakan sebuah buku fiksi yang juga peraih Nobel Sastra.

Buku ini mengisahkan tentang seorang Lelaki Tua sebagai nelayan bernama Santiago yang hidup miskin dan istrinya sudah meninggal. Selama bertahun tahun ia menjadi seorang nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan kapal kecil di perairan Meksiko. Karena miskin dan menggunakan kapal kecil yang seadanya, tak heran kalau lelaki tua itu selalu kalah oleh para nelayan  muda yang menggunakan fasilitas kapal besar dan hampir selama hampir 84 hari ia tidak pernah mendapatkan seekor ikan pun untuk dibawanya pulang.

Meski begitu namun lelaki tua itu tak pernah patah semangat. Ia terus ke tengah laut meski harus bersusah payah mengendalikan kapalnya dengan harapan pada hari ke 85 nanti ia akan mendapatkan seekor ikan. Hingga suatu hari ada seorang anak yang baik bernama Manolin yang ikut bersama dalam kapal Santiago untuk menangkap ikan. Santiago berharap agar Manolin dapat membantunya.

Setelah menunggu dengan penuh kesabaran yang tak kenal lelah, akhirnya saat yang dinantikan Santiago pun tiba juga. Datanglah seekor ikan besar yang hampir seukuran dengan kapal yang ditumpanginya memakan umpannya hingga menyeret kapalnya sampai ke tengah. Dengan bersusah payah Santiago bersusah payah untuk menangkap ikan itu hingga tangannya terluka karena terkena goresan ikan. Ia tetap berjuang terus untuk mempertahankan ikan hasil tangkapannya dari ikan hiu yang berusaha akan memakannya. Meski saat sampai ke daratan ikan tangkapannya itu yang tersisa hanya tulangnya saja.

Buku ini menurut saya sangat layak untuk dibaca, dan sangat pantas mendapatkan Nobel Sastra karena di dalamnya banyak mengandung pelajaran yang sangat berharga yang penuh makna. 

#readingchallengeodop
#onedayonepost
#rco
#rcolevel5
#level5tantangan2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar