Rabu, 06 Maret 2019

RCO Level 4 Tantangan 3

Resensi Buku Alice Adventure In Wonderland

Cover Book (Image From Google)



Judul Buku          :    Alice's Adventure in Wonderland
Penulis                :     Lewis Carroll
Jumlah Halaman :    130 

Buku cerita tentang sebuah petualangan Alice di negeri ajaib ini dimulai ketika Alice sedang duduk di tepi sungai bersama kakak perempuannya, terlihat ada seekor kelinci putih yang lucu berlari di dekatnya.  Alice pun kemudian mengejar kelinci itu hingga sampai ke sebuah lubang. Hingga dia terjatuh dan terperosok. Ketika menyadarinya ternyata dia sudah berada di dalam sebuah ruangan yang memiliki banyak pintu namun semuanya dalam keadaan terkunci.

Dia pun melihat ke sebuah meja, di lihatnya ada sebuah kunci. Namun sepertinya kunci itu untuk sebuah pintu yang sangat kecil hanya setinggi 38 cm. Kemudian tanpa sengaja Alice melihat ada sebuah botol kecil dengan label "minum aku" ada di atas sebuah meja yang tinggi. Alice pun meminumnya dan seketika tubuhnya berubah mengecil. Sementara kunci untuk sebuah pintu yang kecil itu masih berada di atas meja yang tinggi. Tepat di bawah kaki meja yang tinggi itu Alice melihat ada sebuah kue dengan label "Makan Aku" . Berharap tubuhnya menjadi besar kebalikan seperti kejadian yang menimpanya ketika minum minuman tadi yang membuatnya mengecil Alice pun memakan kue itu hingga habis. Ternyata harapan Alice menjadi kenyataan. Setelah memakan kue itu tubuhnya membesar hingga menyentuh langit-langit dalam ruangan itu. 

Tak menunggu lama Alice segera mengambil kunci yang berada di atas meja tadi dengan susah payah dan berbaring karena tubuhnya yang menjadi besar. Alice sudah hampir berputus asa. Dia terus menangis hingga air matanya menyerupai sebuah kolam air mata yang besar di dekatnya. Tanpa sengaja dari kejauhan Alice melihat seekor kelinci berwarna putih yang dikejarnya tadi hingga ke dekat lubang tadi. Melihat Alice, kelinci itu pun mendatanginya dan menjatuhkan sebuah kipas dengan sepasang sarung tangan. Karena merasa kegerahan, Alice segera mengambil kipas dan mengipasi tubuhnya. Tiba-tiba tubuhnya menjadi mengecil seketika setelah ia mengipasinya. Alice pun terjatuh ke dalam kolam air mata tadi hingga tubuhnya basah.

Di negeri ajaib itu Alice melihat sekelompok hewan yang sedang bermusyawarah. Di sana Alice pun bertemu dengan seekor ulat bulu yang menanyakan tentang jati diri Alice.

Alice segera melanjutkan perjalanannya hingga masuklah dia ke dalam sebuah rumah. Di sana dia bertemu dengan seorang pelayan yang berkepala ikan, seorang putri dengan bayi yang berbentuk bintang laut. Di sana ada juga seekor kucing Chessire.

Pada akhir cerita Alice dituduh telah mencuri kue tarcis sang Ratu. Alice pun mengelak dari semua tuduhan itu. Saat kemarahan sang ratu meledak Alice pun terbangun. Ternyata dia tertidur di pangkuan kakak perempuannya. Dia pun menceritakan mimpi aneh yang baru saja dialaminya kepada sang kakak. Ternyata sang kakak juga mengalami mimpi yang sama dengan yang dialami Alice.

Buku karangan Lewis Carroll sangat menghibur dan dapat menbangkitkan imajinasi anak-anak. Sangat cocok untuk dibaca oleh siswa Sekolah Dasar. Sosok Alice dalam cerita yang jujur, polos dan pemberani patut dijadikan teladan bagi anak-anak seumurannya.

#readingchallengeodop
#onedayonepost
#rcolevel4
#level4tantangan4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar