Sabtu, 16 Februari 2019

Reading Challenge ODOP Level 2 Tantangan 2

Biografi Singkat Umar bin Khattab



Memenuhi tugas Reading Challenge Odop di level 2 tantangan kedua, membuat sebuah biografi singkat. Kali ini saya akan menulis tentang biografi singkat salah seorang  tokoh yang sangat saya kagumi. Beliau seorang sahabat nabi yaitu  Umar bin Khattab.

Umar bin Khattab, dengan nama lengkapnya Umar bin al-Khattab bin Abdul Uzza. Beliau adalah Khalifah kedua setelah wafatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq yang lahir di Mekkah 583 M. Yang masih keturunan dari Bani Adi yang masih satu rumpun dengan suku Quraisy. 

Meski wataknya yang keras dan juga tegas beliau sangat disegani dan ditakuti pada zamannya, hingga dijuluki "Singa Padang Pasir". Namun beliau adalah sosok pribadi yang bertakwa dan Zuhud. Tidak pernah sedikit pun menghiraukan cercaan orang lain dalam menegakkan agama Allah.

Jasa beliau sangat besar dalam perkembangan dan penyebaran agama Islam.Di bawah kepemimpinannya perkembangan Islam tumbuh sangat pesat. Banyak terjadi penaklukkan pada masa pemerintahan beliau. Bahkan dua negera adidaya Persia dan Romawi pun jatuh dan takluk pada pemerintahan beliau. Yang merupakan sejarah paling besar dalam masa kepemimpinan beliau. Keislaman Umar bin Khattab ini merupakan sebuah kemenangan besar bagi kaum muslimin. 

Dialah orang yang mendapat gelar al-Faruq yaitu pemisah antara yang benar dan yang batil. Banyak hadist yang menjelaskan tentang kedudukan dan keutamaan beliau. Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Turmudzi di dalam sunannya dari Uqbah bin Amir. Bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda "Seandainya ada seorang Nabi yang muncul setelahku maka Nabi itu adalah Umar.

Pernah terjadi pada suatu masa yang disebut dengan tahun ramad atau tahun paceklik. Saat itu  dalam pemerintahan beliau dunia mengalami musim paceklik. Terjadi kemarau panjang, hingga bumi pun menghitam. Masyarakat banyak yang ditimpa kelaparan yang sangat parah. Demikian besarnya kasih sayang Umar bin Khattab terhadap rakyatnya. Melihat musibah yang menimpa rakyatnya beliau  pun pernah berkata "Aku tidak akan merasakan kekenyangan sehingga bayi-bayi kaum muslimin merasakan kekenyangan". 

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam kitab shahihnya dari Ummul Mu'min. Umar bin Khattab pernah berdoa. "Ya Allah berikanlah kepadaku mati syahid di jalan-Mu dan jadikanlah kematian kita di negeri Rasul-Mu. Maka Allah mengabulkan doanya dan Allah memuliakan Umar bin Khattab dengan mati syahid di jalan Allah.

Pada saat beliau sedang mengimami shalat fajar, seorang penghianat bernama Abu Lu'lu'ah Al-Majusi menikamnya dengan sebilah pisau.

Demikian biografi singkat Umar bin Khattab. Semoga Allah SWT memberikan keridhaannya kepada beliau, Aamiin.
Dari: Biografi Umar bin Khattab
Oleh : Muhammad Husain Haekal

#biografi
#readingchallengeodop
#onedayonepost
#rcolevel2
#tantanganlevel2
#level2tantangan2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar