Senin, 12 November 2018

Tips Memasak Lebih Mudah Part 2

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang tips memasak lebih mudah part 1, kali ini saya akan bercerita tentang kegunaan, keuntungan dan cara penyimpanan dari ketiga jenis bumbu dasar putih, kuning dan merah.

Kegunaan Bumbu Dasar Putih
Resep bumbu dasar putih ini kegunaannya untuk memasak gudeg, tempe dan tahu bacem, tumisan sayur/daging/seafood, perkedel, daging gepuk.

Kegunaan Bumbu Dasar Kuning
Resep bumbu dasar kuning ini kegunaannya untuk memasak ayam goreng lengkuas, ikan goreng, acar kuning, pepes ikan, ayam bakar, pepes ikan peda.

Kegunaan Bumbu Dasar Merah
Resep bumbu dasar merah ini kegunaannya untuk memasak nasi goreng, mie goreng, ayam rica-rica, ayam dan telor balado, sambal goreng, sayur asem, botok oncom dan tahu.


Bila ditambahkan santan dapat digunakan untuk memasak sayur godog seperti sayur lodeh, semur atau rendang.

Keuntungan Memasak Dengan Menggunakan Bumbu Dasar
1. Lebih sehat karena tanpa bahan pengawet
2. Lebih awet karena sudah ditumis.
3. Dapat menghemat bumbu karena dipakai sesuai kebutuhan
4. Lebih mudah dan praktis untuk digunakan pada berbagai masakan
5. Dapur jadi lebih bersih
6. Tidak perlu repot mengulek bumbu setiap kali memasak tinggal pakai
7. Dapat menghemat waktu dan tenaga.
8. Hemat dan praktis

Cara Aman Menyimpan Bumbu Dasar
Agar bumbu dasar dapur bertahan lama sebaiknya proses pengolahan dilakukan dengan panas yang cukup. Kemudian setelah benar-benar dingin baru dikemas dalam wadah bersih dan kering yang tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini insya Allah dapat bertahan 2-4 minggu. Namun bila disimpan dalam lemari pendingin dapat bertahan hingga 2-3 bulan. Bila akan digunakan biarkan terlebih dahulu berada pada suhu ruang, agar aromanya muncul pada saat digunakan pada masakan kita.

Apabila kemasannya telah dibuka, sebaiknya langsung disimpan kembali dalam lemari pendingin agar bumbu tetap terjaga.

Jangan gunakan bumbu dasar bila sudah berubah warna, bau, atau cita rasanya, berlendir atau sudah ada bintik-bintik hitam karena jamur.



Demikian tips memasak lebih mudah part 2, kita menjadi lebih mudah dan lebih praktis memasak dengan menggunakan bantuan bumbu dasar yang pas serta sesuai jenis masakan. Semoga bermanfaat.

#NonFiksi
#ODOPBatch6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar