Rabu, 14 November 2018

Mengenal Penyakit Diabetes Bersama Lab Klinik Pramita

Assalamualaikum….,

Apa kabar sahabat ODOP?
Semoga kita semua senantiasa sehat dalam lindungan Allah SWT, Aamiin

Hari ini tanggal 14 November, adalah hari yang diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Sebagai bentuk kepedulian saya terhadap Diabetes serta untuk meningkatkan kesadaran tentang penyebab, pencegahan dan dampak buruk yang timbul akibat penyakit Diabetes. Kali ini saya akan bercerita untuk sekedar berbagi tentang bagaimana cara mengenali penyakit diabetes ini secara lebih dekat lagi bersama Pramita Lab. 
Image From Google

Diabetes yaitu penyakit yang timbul akibat tingginya kadar gula dalam darah kita. Penyakit diabetes ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan. Penyakit ini timbul bisa karena keturunan dan bisa juga akibat pola hidup yang tidak sehat. Contohnya seperti kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan, terlalu banyak makan gorengan, jarang olahraga,  stress dll.

Berbicara tentang diabetes, sebagian orang masih belum banyak yang mengetahui tentang gejala seperti kelelahan yang teramat sangat, berat badan berkurang drastis dll. Sedangkan dampak buruk dan bahaya yang akan ditimbulkan akibat terkena penyakit diabetes seperti  gangguan jantung, stroke, gagal ginjal dll. 

Karena kurangnya kesadaran seseorang terhadap penyakit yang sangat berbahaya ini, maka jumlah penderita penyakit diabetes menjadi semakin hari bertambah meningkat.

Agar kita dapat terhindar dari penyakit diabetes, selain harus merubah pola hidup agar menjadi lebih sehat, menghindari stress dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita juga harus segera melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dll. 

Sebagai langkah awal untuk tindakan pencegahan maupun pengobatan lebih lanjut terhadap penyakit diabetes maka dibutuhkan pemeriksaan laboratorium untuk membantu dokter guna menegakkan diagnosis. 

Sebelum terlambat dan akhirnya kita terdiagnosa diabetes, sebaiknya kita harus segera melakukan pemeriksaan lab di Labaratorium Klinik Pramita yaitu laboratorium klinik yang  terdekat di kota tempat tinggal sahabat semua. Adapun jenis pemeriksaan tersebut seperti  : 

1. Gula puasa, pemeriksaan jenis ini  untuk mengetahui kadar gula darah kita pada saat kita berpuasa selama 8-10 jam.

2. Puasa 2 jam setelah makan jenis pemeriksaan ini untuk mengetahui kadar gula dalam darah kita pada saat 2 jam setelah makan.

3. HbA1C jenis pemeriksaan ini untuk mengetahui kadar gula dalam darah kita 3 bulan kebelakang. 

4. Pemeriksaan urin lengkap pemeriksaan ini untuk mengetahui kadar gula darah dalam urin serta mikrolbumine.

Demikian perkenalan saya tentang penyakit diabetes bersama laboratorium klinik Pramita. Laboratorium yang mengutamakan kualitas diagnosis dan pelayanan. Semoga bermanfaat.

#NonFiksi
#ODOPBatch6

10 komentar:

  1. Penting ini
    Kadang takut juga dengan ancaman diabetes ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas agus ancaman diabetes ini sangat menakutkan, terima kasih kunjungannya mas

      Hapus
  2. Betul, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak Hardiani, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Saya besok Minggu mbak memperingati diabetes sedunia. Seru dah kalau bahas diabetes enggak ada habisnya. Itu penyakit emang tenar bikin mati gaya hehehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ika, selamat memperingati hari diabetes sedunia terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Bener in mbk. Jd pengen ngecek saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak sebelum terlambat sebaiknya segera cek kesehatan khususnya diabet

      Hapus
  5. Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih sudah berkunjung mbak Lulu

      Hapus