Minggu, 18 November 2018

Menentukan Investasi Untuk Masa Depan

Image from Pixabay
https://review.bukalapak.com/c/finance
Perputaran waktu begitu cepatnya berlalu, tak terasa sekarang kita sudah memasuki pertengahan bulan November. Sebentar lagi sudah berada di penghujung tahun. Sudah saatnya kita kembali untuk menata ulang kondisi keuangan kita agar menjadi lebih baik lagi serta menentukan investasi untuk masa depan kita.

Caranya dengan memulai menghitung budget keuangan kita. Karena budget ini merupakan salah satu hal penting yang dapat berfungsi untuk melihat jumlah uang kita, penggunaannya untuk apa dan seberapa banyak jumlah yang tersisa

Saat ini memang masalah biaya hidup semuanya serba mahal. Namun demi masa depan, kita tetap harus dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk ditabung. Meskipun menabung dengan jumlah sedikit, masih tetap lebih baik dari pada harus menunggu terkumpul untuk memulainya. Menabung sedikit yang penting kita rutin melakukannya terutama pada saat kita menerima penghasilan dari gaji kita.

Selain dengan menabung apabila ada uang lebih sebaiknya kita juga harus mulai untuk belajar berinvestasi. Karena investasi ini akan berguna sekali untuk masa depan kita.  Agar menjadi lebih terencana dan membuat masa depan kita menjadi lebih terjamin. Investasi ini bisa dalam bentuk deposito atau yang lainnya contohnya seperti reksa dana.

Berbicara masalah investasi, pertanyaannya apakah ada investasi yang tidak memerlukan uang yang banyak, namun dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Jawabannya tentu saja ada, yaitu reksa dana sebagai pilihannya. Menentukan investasi untuk masa depan dalam bentuk reksadana adalah sebuah pilihan yang tepat. Karena jenis investasi reksa dana ini semua orang dapat melakukannya bahkan bagi seseorang yang tidak mengerti masalah keuangan sekalipun.

Apalagi untuk saat ini, kita dapat melakukan investasi reksa dana secara online dengan mudah yang dapat kita lakukan di Bukareksa di bukalapak. Di sini bukalapak bekerjasama dengan agen yang menjual reksa dana secara resmi yaitu Bareksa. Kita tinggal masuk saja ke menu bukareksa untuk mendaftar dan selanjutnya manajer investasi yang akan akan mengelolanya. Dengan begitu kita tidak usah repot lagi, tinggal mendapatkan laporannya saja. Dalam investasi reksa dana di bukalapak ini sebenarnya kita bisa memulai untuk berinvestasi dengan jumlah uang yang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000,-. Dengan jumlah uang sebesar Rp 10.000,- kita sudah dapat berinvestasi.

Untuk lebih jelasnya apa itu Reksa dana, Menurut Wikipedia pengertiannya adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Adapun beberapa Jenis Reksa dana yang dapat kita pilih sebagai investasi ini antara lain

1.   Reksa Dana Saham
Adalah jenis reksa dana yang investasinya dilakukan di saham dan mempunyai resiko tinggi karena harga saham yang selalu berubah dalam hitungan menit.

2.   Reksadana Campuran
      Adalah reksa dana yang investasinya dilakukan pada saham dan obligasi. Reksa dana jenis ini resikonya sedang-sedang saja tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

3.   Reksa Dana Pasar Uang
Adalah jenis reksa dana yang investasinya dilakukan pada SBI atau sertifikat bank Indonesia. Reksa dana jenis ini resikonya kecil karena bersifat stabil

4.   Reksa Dana Pendapatan Tetap
Adalah jenis reksa dana yang bersifat stabil dan resikonya lebih tinggi dari reksa dana pasar uang. Karena investasinya dilakukan pada obligasi atau surat utang yang jangka waktunya lebih dari satu tahun.

Sebelum berinvestasi dalam bentuk reksa dana ini ada beberapa tips yang dapat kita pelajari terlebih dahulu.
1. Sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu tentang panduan untuk mengetahui seluk-beluk Reksadana mengenai jenis-jenis investasinya, resikonya dan juga keuntungannya.

2.  Mencari tau bagaimana kredibilitas manajer investasi reksa dana, karena dengan membeli reksa dana berarti kita sudah menyerahkan kepercayaan kita kepada orang lain, dalam hal ini adalah manajer investasi.

3.   Memilih bank yang mempunyai reputasi yang baik

4.  Membandingkan setiap manajer investasi yang satu dengan yang lainnya karena setiap orang mempunyai karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kesimpulannya dengan menentukan investasi untuk masa depan yang tepat yaitu dalam bentuk Reksa Dana di bukareksa-bukalapak 

Nah setelah mengetahui tentang reksa dana, sekarang tunggu apalagi teman-teman yuk kita mulai belajar  berinvestasi melalui Reksa Dana di Bukareksa-Bukalapak.

https://review.bukalapak.com/c/finance.

#NonFiksi
#ODOPBatch6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar