Minggu, 25 November 2018

Cerita Inspiratif Dari Kampung Berseri Astra

Sumber Khoirulanwar.net

Saat membaca syarat dan ketentuan lomba Anugerah Pewarta Astra 2018 yang mengajak seluruh peserta untuk menggali cerita inspiratif dari 77 kampung berseri Astra di seluruh Indonesia ke dalam tulisan untuk menginspirasi bangsa. Saya melihat daftar dari ke 77 kampung berseri Astra dan saya memilih satu dari ke 77 kampung berseri yang ada. Pilihan saya jatuh pada sebuah kampung ramah yang ada di kota Cirebon. Sebuah kota tempat dimana saya lahir dan dibesarkan. Kampung itu adalah sebuah kampung yang ramah lingkungan bernama merbabu asih yang sudah membuat saya penasaran.

Sumber khoirulanwar.net
Kebetulan secara tak sengaja, siang itu setelah menghadiri undangan pernikahan seorang teman kerja suami, saya mampir ke rumah teman sekerja di kelurahan Larangan yang kebetulan dekat dan bersebelahan dengan kampung ramah lingkungan merbabu asih. Saat melintasi jalan yang menuju ke arah tempat tinggal teman saya, tiba-tiba mata saya tertuju pada sebuah Pura yang indah layaknya seperti sebuah perkampungan di Bali. Sejenak saya pun berhenti untuk sekedar menikmati keindahannya dan berfoto di sana.

Sumber khoirulanwar.net
Setelah tau lebih banyak informasi dari teman saya ternyata pura itu adalah pura agung jati pramana. Tepatnya berada di kawasan Rw 08 Merbabu Asih, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Dari berbagai informasi yang saya dapatkan baik dari teman saya maupun dari warga tentang kampung Merbabu Asih, saya pun penasaran dan ingin berkenalan lebih dekat dengan kampung ramah lingkungan tersebut.

Yang ternyata merupakan kampung ramah lingkungan yang selama ini sudah digandeng oleh ASTRA khususnya Asuransi Astra Buana (AAB) Garda Oto yang merupakan salah satu anak perusahaan Astra Internasional yang bergerak di bidang jasa pelayanan finansial. ada di Jalan Kartini Kota Cirebon Astra hingga menjadi kampung percontohan. Atas prestasinya itu wajar saja kalau pada tanggal 24 Oktober 2018 silam Merbabu asih telah memperoleh penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan mendapatkan nilai tertinggi se-Indonesia.

Di kampung Merbabu asih ini terdapat sebuah bengkel seni yaitu sebuah tempat yang dipakai untuk memproduksi berbagai limbah sampah plastic menjadi sebuah produk yang kreatif dan menarik. Berawal dari bengkel seni itulah yang kemudian menginspirasi saya untuk belajar mengolah limbah plastic menjadi  sebuah dompet yang cantik dan menarik yang dapat dijadikan sebuah peluang usaha. Sebagai langkah awal menuju ke arah sana sekarang saya sedang mengikuti kursus menjahit.

Demikian pengalaman saya saat berkunjung salah satu kampung berseri Astra yang berada di kota Cirebon yaitu kampung ramah lingkungan yang bernama Merbabu asri yang telah menginspirasi saya untuk belajar menjahit.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba anugerah Pewarta Astra

#NonFiksi
#ODOPBatch6

14 komentar:

  1. Terima kasih untuk cerita kunjungannya bu Yeti. Saya pikir cuma ada di Surabaya saja. Ternyata kampung Astra byk jg ya 😊

    BalasHapus
  2. Wah.. Saya kudet nih.. Baru tau ada kampung astra.. Hihi

    BalasHapus
  3. Di jawa timur hanya sedikit. Jauh lagi dari tempatku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Sulawesi Utara malah cuma satu Bu di Ibu Kota Provinsi, 5 jam dari tempatku 😅

      Hapus
  4. Waaa jadi penasaran di kotaku sini ada gak ya kampung berseri astra

    BalasHapus
  5. Mendengar astra kok jadi sebuah merk motor 😃

    BalasHapus
  6. Mbaaaaa.. coba ada fotonya pasti lebih keren. Ingin lihat. Soalnya disini belum ada yang seperti itu xD

    BalasHapus
  7. Mantap iya mbak tambah foto biar makin oke

    BalasHapus
  8. Baru tau saya kalau ada kampung astra

    BalasHapus
  9. Berharap tadi kebawah2 ada fotonya bu :D

    BalasHapus
  10. Wah ini sangat inspiratif, Astra memang peduli dengan lingkungan

    BalasHapus