Kamis, 08 November 2018

Cara Mudah Meraih Bahagia


Sepertinya aroma hujan tadi malam masih tercium segar. Seperti segarnya udara pagi ini. meski langit masih terlihat mendung, semoga saja tidak mempengaruhi suasana hati kita untuk bahagia.

Pagi ini ijinkan saya akan sedikit bercerita tentang cara mudah untuk meraih bahagia. Seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang bahagia. Bahagia itu sederhana, yang membuatnya tidak sederhana hanyalah ukurannya. Sejauh mana kita menempatkan ukuran sebuah kebahagiaan bisa sederhana bisa juga rumit. Semua tergantung pada masing-masing orang dari kacamata mana menilainya. Demikian juga dengan bagaimana cara kita meraihnya. Lalu bagaimana cara mudah untuk merah bahagia?

Pada kesempatan ini ada beberapa tips sederhana yang ingin saya sampaikan bagaimana cara mudah untuk meraih rasa bahagia seperti yang selama ini aku lakukan.

Mengawali Hari dengan Mengucap Bismillah
Memulai hari sesaat sebelum beraktifitas dengan mengucap Bismillah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT Dzat yang Maha Bijaksana. Dengan mengucap bismillah semoga aktifitas yang kita kerjakan akan bernilai ibadah karena ada dalam keridhaan Allah SWT.

Senyuman yang tulus
Pertanyaannya kenapa harus senyuman yang tulus? Karena senyuman yang tulus merupakan sebuah gambaran tentang kualitas jiwa kita seperti apa. Dengan senyuman yang tulus secara tidak langsung kita telah membuang energy negative yang melekat dalam diri kita. Sehingga dapat membuat orang-orang disekitar kita merasa nyaman dan bahagia. Menurut Dr. Aidh Abdullah al-Qarni.  Jangan menunggu bahagia untuk tersenyum tetapi tersenyumlah untuk bahagia

Menghargai Diri Sendiri
Untuk dapat meraih bahagia tentu saja kita harus bisa menghargai diri sendiri. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengenal lebih dalam tentang siapa diri kita. Sebatas mana kemampuan kita, bagaimana kondisi kita baik mental maupun emosional, seberapa banyak kelebihan dan kekurangan kita dsb. Setelah kita mengenal lebih dalam tentang keadaan kita maka berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Dengan begitu kita akan lebih mudah meraih rasa bahagia.

Berbagi Kebaikan
Dengan berbagi kebaikan akan membuat perasaan bahagia. Kenapa? Karena saat kita berbagi kebaikan otak akan menghasilkan hormon dopamine yaitu hormon yang menghasilkan perasaan bahagia. Dengan berbagi kebaikan Insya allah akan berbuah dengan kebaikan pula. Kita juga dapat lebih bersyukur dengan keadaan kita. Karena di luar sana ternyata masih banyak yang tidak seberuntung kita.

Itulah beberapa tips sederhana untuk meraih bahagia, semoga bermanfaat.

#NonFiksi
#ODOPBatch6

12 komentar:

  1. Selalu tersenyum 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu tersenyum dalam keadaan apapun mbak Arohmah, terima kasih kunjungannya

      Hapus
  2. Tipsnya bu Yeti mantap. Aku setuju dg pernyataan bahwa bahagia itu sederhana. Dan menurutku semua org punya definisi bahagianya masing2. Yg penting selalu bersyukur dan tdk membandingkan dg org lain ya bu. Terima kasih sharingnya 😊

    BalasHapus
  3. Semangat mbak yeti. Harusnya postingan ini saya baca tadi pagi, ketika saya memulai hari. Mari kita bahagia bersama-sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba Endah, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Pasang senyum paling maniiis ♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Listkanisa senyum paling manis semanis gula, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. Selalu tersenyum manis biar hidup makin manis ya mbak hehehehe aku banget ini mbak. Senyum aja udah bikin bahagia orang lain dan diri sendiri. Tipsnya keren Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ika senyum selalu buat kita bahagia, terima kasih kunjungannya

      Hapus
  6. Balasan
    1. Benar mbak Lulu selalu tersenyum dalam keadaan apapun, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus